pksgrogol.com – Jakarta. Komunikasi adalah aspek fundamental dari kehidupan di sekolah, tempat
kerja dan di rumah. Kemarahan yang tidak perlu atau kritik yang kurang
baik penyampaiannya dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang untuk
hubungan Anda baik profesional maupun sosial. Anda dapat membentuk
komunikasi Anda dengan orang lain dalam cara yang positif ketika Anda
dengan sadar mempertimbangkan apa yang akan Anda katakan sebelum Anda
berbicara. Jika Anda memiliki hubungan yang sudah rusak karena
komunikasi yang buruk, Anda mungkin dapat mempengaruhi hubungan dari
waktu ke waktu ketika Anda menampilkan perilaku komunikasi positif.
1. Mendengarkan orang lain ketika mereka berbicara. Jangan mengganggu
orang yang sedang berbicara. Ketika pembicara selesai, parafrasekan apa
yang telah dikatakan untuk memperjelas komunikasinya. Ini akan
menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan memahami apa yang orang lain
katakan.
2. Berbicara perlahan dan tenang saat berinteraksi dengan orang lain.
Ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa mereka mendengarkan Anda akan
mengerti apa yang Anda katakan. Jaga komunikasi Anda singkat dan
ringkas. Katakan pendapat Anda dan tunjukkan pertimbangan untuk yang
lain.
3. Menunjukkan minat pada apa yang orang lain katakan. Duduk tegak di
tepi kursi Anda ketika orang lain sedang berbicara. Ajukan pertanyaan
pada saat yang tepat untuk menunjukkan minat Anda.
4. Menjauh dari situasi jika Anda menemukan diri Anda marah ketika
berbicara dengan orang lain. Ketika Anda sudah tenang, pertimbangkan apa
yang Anda ingin untuk dikatakan kepada orang lain. Apakah ada cara di
mana Anda dapat mengungkapkan keluhan Anda tanpa menampilkan kemarahan
yang tidak perlu atau menyalahkan orang lain?
5. Mendekati secara pribadi ketika Anda harus memberikan kritik.
Hindari penggunaan berlebihan dari kata “Anda.” Jelaskan solusi yang
perlu dicapai dan tunjukkan hambatan yang telah menghalangi Anda
mencapai solusi. Berbicara perlahan dan tetap tenang saat Anda
berbicara. Dorong orang lain untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin ia
miliki tentang keluhan Anda.
6. Tetap fleksibel saat Anda berkomunikasi dengan orang lain. Jika
Anda dikoreksi pada sesuatu yang keliru, tunjukkan bahwa Anda meminta
maaf dan buat langkah-langkah untuk memperbaiki situasi ini. Kemampuan
untuk menunjukkan rasa humor tentang kesalahan-kesalahan Anda, dan untuk
menghormati keprihatinan orang lain dan pendapat, dapat membentuk lebih
banyak interaksi positif antara Anda dan orang di sekitar Anda di masa
depan.
Bagaimana Berkomunikasi dengan Positif
Posted by :
pks
on :
Rabu, 28 September 2011
Saved under : Artikel , Berita dan Informasi , Liputan , Pengembangan diri , Sekitar Kita , Umum
With 0 comments
Saved under : Artikel , Berita dan Informasi , Liputan , Pengembangan diri , Sekitar Kita , Umum
With 0 comments
by pks
Donec dictum suscipit nibh in malesuada. Proin sit amet metus vel massa volutpat ornare. Pel len tesque vel nunc a lacus gravida euismod. Maecenas vel nunc nec magna sodales fermentum cursus non felis amet metus vel massa volutpat
Tidak ada komentar :