pksgrogol.com – Jakarta. Belajar untuk berbicara dengan otoritas dan kepercayaan diri bisa membuat Anda lebih sukses di tempat kerja, dan bahkan membantu kehidupan kencan Anda. Berkomunikasi dengan suara gemetar dan monoton dapat mengirim pesan bahwa Anda kurang percaya diri dan kurang keterampilan sosial yang memadai. Meskipun mungkin sulit untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat, melakukan hal itu dapat memiliki dampak positif pada interaksi bisnis dan interaksi pribadi Anda.
1. Berpikirlah sebelum Anda berbicara. Mengorganisir pikiran Anda sebelum berbicara dapat mengurangi jumlah jeda yang canggung dan “cegukan” verbal. Juga dapat menghilangkan kebutuhan untuk membuat jumlah pernyataan klarifikasi yang berlebihan . Meskipun tidak mungkin untuk membuat garis besar untuk dialog dadakan, tuliskan pikiran-pikiran Anda sebelum diskusi dapat meningkatkan kecakapan berbicara Anda.
2. Gunakan bahasa langsung dan ringkas. Tidak perlu menggunakan terminologi yang kompleks untuk mendorong poin penting. Kadang-kadang menggunakan kata-kata dan struktur kalimat yang rumit dapat menyebabkan kebingungan daripada kejelasan. Hindari menggunakan “kata-kata besar” agar terdengar lebih berpendidikan, karena ini dapat dengan cepat menjadi bumerang, kecuali Anda yakin penggunaan dan pengucapannya.
3. Variasikan nada suara Anda. Ekspresikan ketertarikan dalam apa yang Anda katakan sehingga orang lain akan memperhatikan Anda. Gunakan pembelokan untuk menambahkan penekanan pada frase kunci. Menaikkan dan menurunkan nada suara Anda untuk mengekspresikan emosi aktif. Hindari tatapan kosong yang berasal dari kebosanan.
4. Mengucapkan kata-kata dengan lengkap dan benar. Hindari memotong ujung-ujung kata atau mengucapkan seluruh kata-kata bersama-sama. Melambat ketika mengucapkan kata-kata sulit untuk meminimalkan kesalahan pengucapan. Latihkan artikulasi Anda dengan merekam diri sendiri dan menganalisis hasil. Jangan menggunakan dialek daerah sebagai alasan untuk terus membuat kesalahan pengucapan. Mengambil waktu untuk memperbaiki kekurangan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi Anda.
5. Kuasai keterampilan nonverbal komunikasi Anda. Memahami bahwa bahasa tubuh Anda juga memiliki efek pada bagaimana komunikasi verbal Anda ditafsirkan. Berbicara dengan isyarat nonverbal yang kurang baik seperti menurunkan bahu atau cemberut dapat mengurangi efektivitas kata-kata Anda. Tetap kontrol bahasa tubuh Anda secara positif untuk memastikan kata-kata Anda tersampaikan dengan benar.
Tidak ada komentar :